Sabtu, 24 Oktober 2015

MANFAAT DAN MENYIKAPI MASALAH SAAT MENGAJAR AL-QUR'AN





MENJADI TUTOR YANG KREATIF DAN INOFATIF 

MENGAJAR AL-QUR'AN

1.      MANFAAT YANG AKAN DI DAPAT




 




a.     Mendapatkan peluang aliran pahala takpernah berhenti  dan bahkan semakin deras dengan berputarnya waktu




b.    Mengasah kecerdasan manajemen mengajar




c.     Ditingkatkan derajatnya




d.    Menumbuhkan kewibawaan (wibawa hanya dimiliki oleh orang besar dan bijaksana)




e.     Mendapat kepercayaan dari atasan




f.       Menabah motifasi diri




g.     Menanamkan kesabaran dalam diri




h.    Menambahnya ilmu




 




2.    PROBLEM YANG SERING MUNCUL DAN PENYELESAIANNYA




Problem :




a.     Anak didik malas untuk berangkat




b.    Anak didik sering telat masuk




c.     Anak didik yang suka menantang tutor




d.    Anak didik yang gampang marah jika di benarkan




e.     Anak didik yang susah diatur dan suka membikin aturaan sendiri




f.       Anak didik yang susah menerima pelajaran




g.     Anak didik yang susah mengucap huruf hijaiyah




h.    Dan lain-lain




 Penyelesaianya :




 




a.               Hal itu disebabkan beberapa faktor. 1. Karakter pribadi 2. Sistim belajar yang membosankan dan kurang motifasi 3. Guru yang jarang masuk. Hal itu dapat di siasati dengan menarik perhatian anak didik untuk belajar, seperti motifasi, cerita, tebakan atau intermezo lainya. Dengan catatan tidak berlebihan sehingga tidak keluar dari alur.




b.    Di tegasi, di hukum dengan hukuman yang membuat mereka jera. Dan sesuai dengan perjanjian awal.




c.     Buat mereka sungkan kepada kita. Perhatian lebih  kepada sasaran dan berlaku tegas.




d.    Itu hal biasa tidak perlu dijadikan sebuah problem besar atau disadarkan.




e.     Dapat diatasi seperti j&k




f.       Di perbayak klasikal suya dia dapat menyesuaikan dengan teman yang lebih bisa.




g.     Sering di titah/ di tuntun lambat laun dia akan bisa sendiri.




 




3.    ADAP DAN PRINSIP SEORANG TUTOR







a.     dapat  dicontoh (uswatun hasanah)




b.    menutupi aib pribadi dari anak didiknya




c.     Lebih disiplin dari anak didik




d.    Memberi semngat kepada anak didik




e.     Terus berinofasi untuk mencapai target




f.       Cerdas (bukan berarti pintar) tapi dewasa.




g.     Memiliki leadership principle (prinsip kepemimpinan)




h.    produktif




i.       memiliki strategi pembelajaran




 




 




 




4.    HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM MENGAJAR




a.     Kedisiplinan




·       Datang




·       pulang




b.    ketertiban




·       kerapian dalam ber pakaian




·       kelengkapan media belajar




·       kerapian dalam sof




·       posisi duduk saat mengaji




·       adap membawa kitab




c.     kemampuan




·       kemampuandasar (mampu mengucap huruf hijaiyah dengan benar




·       mampu membaca fatihah dengan fasih maharijul hurufnya.




·       Mampu membaca doa dengan benar dan fasih




5.    TRIK-TRIK MENGAJAR YANG EFEKTIF DAN PRODUKTIF




·       Datang teat waktu (perhitungan menit)




·       Langsung doa




·       Klasikal jilid




·       Sorokan (individual)




·       Baca simak




·       Kalasikal (tajwid/doa-doa/ghorib/dll)




·       Pasan/motifasi/sering




·       Doa pulang.




 




6.     Ciri ciri insan yang cerdas




·       Mampu menerima ilmu yang diberikan oleh allah tentang apa yang tidak di ketahuinya (Al-Alaq,96: 1-5)




·       Dapat memikul amanah (yusuf, 12 : 3)




·       Sebagai mahluk yang mamumengatur waktu(Al-Ashr, 103 : 1-3)




·       Mendapat bagian apa yang telah ia kerjakannya (An-Najem, 53-59)




·       Dan mahluk yang memiliki moral dan sopan santun (Al-Angkabut,29:8)




 




 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga manfaat dan barokah. trimakasih, jangan lupa bagikan kesahabat kita yang lainya..