Dalam mempelajari Alqur'an pasti banyak mengalami kesulitan namun bukan menjadi alasan untuk tidak mempelajarinya karna mempelajari alquran adalah wajib. Dalam mempelajari Al-Quran pasti memiliki banyak masalah bagi pelajar maupun pengajarnamun juga memiliki beribu manfaat. mari kita bahas semuanya disini.
1.
MANFAAT YANG AKAN DI DAPAT
a. Mendapatkan peluang aliran
pahala takpernah berhenti dan bahkan
semakin deras dengan berputarnya waktu
b. Mengasah kecerdasan
manajemen mengajar
c. Ditingkatkan derajatnya
d.
Menumbuhkan
kewibawaan (wibawa hanya dimiliki oleh orang besar dan bijaksana)
e. Mendapat kepercayaan dari
atasan
f. Menabah motifasi diri
g. Menanamkan kesabaran dalam
diri
h. Menambahnya ilmu
2. PROBLEM YANG SERING MUNCUL
DAN PENYELESAIANNYA
Problem
:
a. Anak didik malas untuk
berangkat
b. Anak didik sering telat
masuk
c. Anak didik yang suka
menantang tutor
d. Anak didik yang gampang
marah jika di benarkan
e. Anak didik yang susah
diatur dan suka membikin aturaan sendiri
f. Anak didik yang susah
menerima pelajaran
g. Anak didik yang susah
mengucap huruf hijaiyah
h. Dan lain-lain
Penyelesaianya :
a. Hal itu disebabkan beberapa faktor. 1. Karakter pribadi 2.
Sistim belajar yang membosankan dan kurang motifasi 3. Guru yang jarang masuk.
Hal itu dapat di siasati dengan menarik perhatian anak didik untuk belajar,
seperti motifasi, cerita, tebakan atau intermezo lainya. Dengan catatan tidak
berlebihan sehingga tidak keluar dari alur.
b.
Di tegasi,
di hukum dengan hukuman yang membuat mereka jera. Dan sesuai dengan perjanjian
awal.
c. Buat mereka sungkan kepada
kita. Perhatian lebih kepada sasaran dan
berlaku tegas.
d. Itu hal biasa tidak perlu
dijadikan sebuah problem besar atau disadarkan.
e. Dapat diatasi seperti j&k
f. Di perbayak klasikal suya
dia dapat menyesuaikan dengan teman yang lebih bisa.
g. Sering di titah/ di tuntun
lambat laun dia akan bisa sendiri.
3. ADAP DAN PRINSIP SEORANG
TUTOR
a. dapat dicontoh (uswatun hasanah)
b. menutupi aib pribadi dari
anak didiknya
c. Lebih disiplin dari anak
didik
d. Memberi semngat kepada
anak didik
e. Terus berinofasi untuk
mencapai target
f. Cerdas (bukan
berarti pintar) tapi dewasa.
g. Memiliki leadership
principle (prinsip kepemimpinan)
h. produktif
i. memiliki strategi
pembelajaran
4. HAL YANG HARUS DI
PERHATIKAN DALAM MENGAJAR
a. Kedisiplinan
·
Datang
·
pulang
b.
ketertiban
·
kerapian dalam ber pakaian
·
kelengkapan media belajar
·
kerapian dalam sof
·
posisi duduk saat mengaji
·
adap membawa kitab
c. kemampuan
·
kemampuandasar (mampu mengucap huruf hijaiyah dengan benar
·
mampu membaca fatihah dengan fasih maharijul hurufnya.
·
Mampu membaca doa dengan benar dan fasih
5. TRIK-TRIK MENGAJAR YANG
EFEKTIF DAN PRODUKTIF
·
Datang teat waktu (perhitungan menit)
·
Langsung doa
·
Klasikal jilid
·
Sorokan (individual)
·
Baca simak
·
Kalasikal (tajwid/doa-doa/ghorib/dll)
·
Pasan/motifasi/sering
·
Doa pulang.
6. Ciri ciri insan yang cerdas
·
Mampu menerima ilmu yang diberikan oleh allah tentang apa
yang tidak di ketahuinya (Al-Alaq,96: 1-5)
·
Dapat memikul amanah (yusuf, 12 : 3)
·
Sebagai mahluk yang mamumengatur waktu(Al-Ashr, 103 : 1-3)
·
Mendapat bagian apa yang telah ia kerjakannya (An-Najem,
53-59)
·
Dan mahluk yang memiliki moral dan sopan santun (Al-Angkabut,29:8)
1.
MANFAAT YANG AKAN DI DAPAT
a. Mendapatkan peluang aliran
pahala takpernah berhenti dan bahkan
semakin deras dengan berputarnya waktu
b. Mengasah kecerdasan
manajemen mengajar
c. Ditingkatkan derajatnya
d.
Menumbuhkan
kewibawaan (wibawa hanya dimiliki oleh orang besar dan bijaksana)
e. Mendapat kepercayaan dari
atasan
f. Menabah motifasi diri
g. Menanamkan kesabaran dalam
diri
h. Menambahnya ilmu
2. PROBLEM YANG SERING MUNCUL
DAN PENYELESAIANNYA
Problem
:
a. Anak didik malas untuk
berangkat
b. Anak didik sering telat
masuk
c. Anak didik yang suka
menantang tutor
d. Anak didik yang gampang
marah jika di benarkan
e. Anak didik yang susah
diatur dan suka membikin aturaan sendiri
f. Anak didik yang susah
menerima pelajaran
g. Anak didik yang susah
mengucap huruf hijaiyah
h. Dan lain-lain
Penyelesaianya :
a. Hal itu disebabkan beberapa faktor. 1. Karakter pribadi 2.
Sistim belajar yang membosankan dan kurang motifasi 3. Guru yang jarang masuk.
Hal itu dapat di siasati dengan menarik perhatian anak didik untuk belajar,
seperti motifasi, cerita, tebakan atau intermezo lainya. Dengan catatan tidak
berlebihan sehingga tidak keluar dari alur.
b.
Di tegasi,
di hukum dengan hukuman yang membuat mereka jera. Dan sesuai dengan perjanjian
awal.
c. Buat mereka sungkan kepada
kita. Perhatian lebih kepada sasaran dan
berlaku tegas.
d. Itu hal biasa tidak perlu
dijadikan sebuah problem besar atau disadarkan.
e. Dapat diatasi seperti j&k
f. Di perbayak klasikal suya
dia dapat menyesuaikan dengan teman yang lebih bisa.
g. Sering di titah/ di tuntun
lambat laun dia akan bisa sendiri.
3. ADAP DAN PRINSIP SEORANG
TUTOR
a. dapat dicontoh (uswatun hasanah)
b. menutupi aib pribadi dari
anak didiknya
c. Lebih disiplin dari anak
didik
d. Memberi semngat kepada
anak didik
e. Terus berinofasi untuk
mencapai target
f. Cerdas (bukan
berarti pintar) tapi dewasa.
g. Memiliki leadership
principle (prinsip kepemimpinan)
h. produktif
i. memiliki strategi
pembelajaran
4. HAL YANG HARUS DI
PERHATIKAN DALAM MENGAJAR
a. Kedisiplinan
·
Datang
·
pulang
b.
ketertiban
·
kerapian dalam ber pakaian
·
kelengkapan media belajar
·
kerapian dalam sof
·
posisi duduk saat mengaji
·
adap membawa kitab
c. kemampuan
·
kemampuandasar (mampu mengucap huruf hijaiyah dengan benar
·
mampu membaca fatihah dengan fasih maharijul hurufnya.
·
Mampu membaca doa dengan benar dan fasih
5. TRIK-TRIK MENGAJAR YANG
EFEKTIF DAN PRODUKTIF
·
Datang teat waktu (perhitungan menit)
·
Langsung doa
·
Klasikal jilid
·
Sorokan (individual)
·
Baca simak
·
Kalasikal (tajwid/doa-doa/ghorib/dll)
·
Pasan/motifasi/sering
·
Doa pulang.
6. Ciri ciri insan yang cerdas
·
Mampu menerima ilmu yang diberikan oleh allah tentang apa
yang tidak di ketahuinya (Al-Alaq,96: 1-5)
·
Dapat memikul amanah (yusuf, 12 : 3)
·
Sebagai mahluk yang mamumengatur waktu(Al-Ashr, 103 : 1-3)
·
Mendapat bagian apa yang telah ia kerjakannya (An-Najem,
53-59)
·
Dan mahluk yang memiliki moral dan sopan santun (Al-Angkabut,29:8)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semoga manfaat dan barokah. trimakasih, jangan lupa bagikan kesahabat kita yang lainya..